Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi Gelar Rakor Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Kamis 13 Oktober 2022, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) se- Provinsi Jambi di Aula Kantor Bankesbangpol dengan mengangkat tema yaitu 'Bangkit Bergerak Bersama Pancasila Menuju Jambi Mantap 2024'.

Tujuan diadakan rakor ini untuk mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai-nilai kebangsaan guna memberdayakan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berdasarkan nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Disamping itu juga agar dapat melaksanakan program kerja kelompok PPWK. Serta bertujuan menciptakan tenaga pengajar yang berkualitas dalam penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) di Universitas dan sekolah masing-masing.

Drs.Amidy, M.Si, selaku Kabid Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan mengatakan yang diharapkan dari rakor ini agar terlaksananya penguatan pendidikan kebangsaan di daerah sesuai Permendagri Nomor 71 tahun 2021, serta terlatihnya tenaga pelatih PWK di daerah. "Serta terciptanya tenaga pengajar yang berkualitas dalam penguatan PWK di Universitas dan Sekolah masing-masing," tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri 70 peserta terdiri dari Kelompok Kerja PPWK Provinsi Jambi, Kepala Badan dan Kepala Kantor Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten Kota. Serta dosen dan guru SMA Se- Provinsi Jambi.

Rakor ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman, SH,MH yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Mukti Sa'id SE.ME.

Dalam kata sambutannya, Sekda Provinsi Jambi sangat mengapresiasi penyelenggaaraan rakor ini sebagai upaya menyegarkan kembali dan memperkuat wawasan kebangsaan. "Apalagi acara ini dilaksanakan pada bulan Oktober yaitu bulan dimana kita semua memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda, momentum yang menjadi cikal bakal persatuan dan kesatuan Indonesia dengan seluruh kemajemukan dan keberagaman di dalamnya" sampainya.

Selanjutnya, Sekda Provinsi Jambi menekankan bahwa wawasan kebangsaan yang diperoleh melalui pusat pendidikan ini, bukan hanya sekedar untuk kita ketahui, tetapi lebih dari itu. "Untuk kita pahami dan kita praktikkan, kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita, dalam pembauran sosial, yakni dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, wawasan kebangsaan ini tidak sebatas tataran teoretis normatif, tetapi juga menjadi nilai-nilai yang hidup yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari" tambah Sekda.

Sementara itu Kepala Bankesbangpol Provinsi Jambi H. Mukti Sa'id, SE., ME mengatakan pendidikan wawasan kebangsaan ini sangat penting terutama dalam penerapan kehidupan sehari-hari mengingat kemajuan teknologi yang menyebabkan wawasan kebangsaan sedikit bergeser. "Untuk itu Pemprov melalui kami Bankesbangpol terus berupaya melaksanakan PWK, agar harapannya kepada generasi muda bisa menerapkan nilai Pancasila agar tidak melenceng, dan tetap bersatu dalam semua keadaan" tuturnya.